0

WISATA BONO SUNGAI KAMPAR



Pada bulan Februari yang lalu WISATA ALAM OMBAK BONO SUNGAI KAMPAR telah masuk ke sebuah catatan rekor dunia atau yang lebih dikenal dengan Guinness World Records.

Bono merupakan fenomena alam yang menakjubkan. Di mana, ketika pasang memudiki sungai, maka air sungai akan menggelombang, berombak besar. Tinggi gelombang tersebut mencapai 6 meter.
Di Wisata Riau Ombak Bono Sungai Kampar ini tidak hanya wisatawan lokal saja yang hadir untuk mencoba gelombang bono tetapi wisatawan asing juga banyak yang ingin mencoba gelombang bono.


Bagi Photographer yang ingin mencari tempat wisata menarik di Provinsi Riau, mungkin inilah tempat yang tepat buat anda menguji skill fotografi.

Untuk mengambil gambar di dekat ombak anda bisa kesana memakai 2 kendaraan, 1. Perahu Karet TNI/Perahu nelayan 2. Helikopter (bagi yang punya dana).

Sedangkan anda yang gak punya dana untuk bayar sewa kendaraan anda bisa mengambil gambar ditepian akan tetapi anda direkomendasikan memiliki lensa Tele minimal 18-135mm atau lebih bagus lagi jika anda punya lensa 70-300.
Jika anda menyewa perahu nelayan atau perahu selain milik TNI disarankan untuk berpegangan pada sesuatu dikarenakan hempasan gelombang bono sangat dahsyat.

Jadi saya menyarankan bagi anda seorang fotografer untuk membawa peralatan yang direkomendasikan seperti dibawah ini:
1. Camera DSLR
2. Lensa Tele
3. Tripod
4. Lenshood

Wisata Riau Ombak Bono Sungai Kampar sudah terkenal lama, akan tetapi banyak sekali masyarakat indonesia yang belum tahu dengan tempat wisata ini. Maka dari itu anda yang suka surfing, fotografi, traveling tempat ini direkomendasikan diriau.

Sebenarnya tidak hanya bono saja tempat wisata yang menarik dan dapat dieksplor tetapi masih banyak juga kawasan lain di sekitar Teluk meranti lokasi Bono seperti Sungai Serkap, Tasik Besar, Hutan Kerumutan dan Taman Nasional Tesso Nilo.

Bagi anda yang ingin menuju ke lokasi Bono mungkin saya dapat menunjukkannya pada anda dan bagi anda yang ingin makan dan menginap di sana jangan khawatir karena Di Teluk Meranti terdapat penginapan serta rumah penduduk lainnya yang dapat dijadikan penginapan, dan juga terdapat beberapa Warung Makan, dan juga ada pelabuhan sebagai akses ke Kota terdekat yaitu pangkalan Kerinci dan Tanjung Batu (Kepulauan Riau.

Untuk mencapai Lokasi Bono ini (Sungai Kampar Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan), dari Pekanbaru Ibu Kota Provinsi Riau  terlebih dahulu kita menuju Pangkalan kerinci Ibu Kota Kabupaten Pelalawan , perjalanan menuju Pangkalan Kerinci dapat dilakukan melalui jalur darat dengan jarak tempuh sekitar 70km atau  1,5jam perjalanan.

Alat transportasi umum yang bisa digunakan adalah Travel atau biasa disebut dengan superben,biaya perjalanan dari Pekanbaru menuju Pangkalan Kerinci sebesar Rp.20.000. Kemudian dari pangkalan Kerinci untuk menuju Teluk Meranti kita bisa menggunakan mobil rental atau mobil sewaan dengan Tarif Rp.50.000/orang dan terminal mobil rental ini terdapat di Hotel Meranti Pangkalan Kerinci.

Perjalanan dari Pangkalan Kerinci ke Teluk Meranti dapat ditempuh dengan waktu 4jam. Selain itu perjalanan juga dapat dilakukan menggunakan sarana transportasi air, dari Pangkalan Kerinci (Pelabuhan di jembatan Pangkalan Kerinci) kita bisa menggunakan speedboat ke desa Teluk Meranti dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 3jam dengan biaya perjalanan Rp.150.000.

Jadi jangan lewatkan kesempatan atau momen-momen anda di Wisata Riau Ombak Bono Sungai Kampar karena sayang sekali dilewatkan tempat wisata ini.



 



0 komentar:

Posting Komentar